Bertemu Alumni, Rektor UKIT Berharap Kontribusi Alumni untuk Membesarkan UKI Toraja

Spread the love

AGUPENATANA TORAJA, Sabtu, 08/05/2021 Rektor UKI Toraja bertemu dengan Panitia Mubes I Ikatan Alumni UKI Toraja. Menjawab tantangan era 21, Perguruan Tinggi terutama Universitas Kristen Indonesia Toraja (UKIT) membutuhkan keterlibatan alumninya dalam pengembangan kampus berbasis SDM berkualitas.

Di sela pembukaan Rapat Panitia Persiapan Musyawarah Besar Ikatan Alumni UKI Toraja di Aula Kampus I UKI Toraja, Dr. Oktavianus Pasoloran, SE., M.Si., yang adalah Rektor UKIT mengungkapkan tantangan dan perubahan yang sedang dihadapi setiap PTS di Indonesia.

“Perubahan Tata kelola dan pengelolaan perguruan tinggi utamanya PTS sangat pesat dan kencang. UKIT saat ini dipaksa untuk lari kencang mengikuti perubahan-perubahan eksternal, baik perubahan -perubahan dari Dirjen Dikti dan BAN-PT, maupun perubahan-perubahan terkait kebutuhan pasar yang terjadi saat ini,” ungkap Dr. Oktavianus yang pada saat pelantikannya tahun lalu sudah berkomitmen untuk menjadikan UKI Toraja sebagai universitas moderen dan berkualitas yang bernafas iman kristiani.

“Pada tata kelola PTS saat ini terjadi pergeseran paradigma dari tata kelola berbasis input ke basis outcome. Sekarang ini PT ditantang untuk menunjukkan apa dampak dari proses belajar mengajar yang dilakukan di kampus. Dampak yang dimaksud adalah alumni kerja apa, kerja di mana, bahkan kalau perlu diketahui berapa gajinya. Hal itu menjadi salah satu orientasi kampus yang harus dipahami sebagai satu perubahan besar,” lanjutnya dengan tegas.

Oleh karena itu dalam menindaklanjuti program Kampus Merdeka Belajar, kontribusi alumni UKI Toraja sangat diharapkan dapat mengisi kekosongan-kekosongan yang ada di institusi. Menurutnya dalam Kampus Merdeka Belajar jangan ada lagi mahasiswa yang merasa dipenjara dalam ruang-ruang kelas, salah satu tempat untuk mereka bergerak keluar adalah dengan datang kepada alumni, yang saat ini banyak dari Alumni dapat menjadi sumber inspirasi belajar. Apa lagi banyak di antara alumni menduduki jabatan-jabatan strategis di pemerintahan dan swasta. Kita berharap bahwa penyusunan renstra juga melibatkan alumni yang kita pandang sudah mengerti selera pasar. Kita juga secara periodik akan memanggil alumni pada program kelas inspirasi. Kelas inspirasi akan memotivasi mahasiswa dari para alumninya. Selain itu mahasiswa boleh bekerja pada suatu instansi tertentu yang kemudian dapat dikonversi ke dalam SKS. Di sinilah esensi merdeka belajar,” pungkas Rektor.

Kehadiran alumni sebagai penjaga dan penegak citra kampus direspon positif oleh segenap Alumni yang hadir pada Rapat tersebut.

Salah seorang Alumni 2013 Yohanes Sarira Dua Lembang mendukung upaya rektorat untuk mendukung terbentuknya Ikatan Alumni UKI Toraja. Dukungannya terhadap mahasiswa adalah dengan mengizinkan kehadiran mahasiswa untuk terlibat dalam pilot projek di seputar pertanian, pendidikan, dan tata kelola pemerintahan lembang di Lembang Lemo Menduruk Kec. Malimbong Balepe, mengingat Yohanes adalah seorang Kepala Lembang yang bertugas di daerah tersebut.

Kesiapan UKIT menyambut Mubes I Ikatan Alumni UKI Toraja adalah dengan menyediakan tempat di Aula Kampus I di Kota Makale berikut bantuan dana yang nilainya belum ditentukan.

Mubes pertama kalinya sepanjang berdirinya Universitas Kristen Indonesia Toraja ini dijadwalkan pada 12 Juni 2021.

Dr. Yafet Bontong, MT. selaku Ketua Panitia berharap Mubes pertama Ika Alummi UKI Toraja berjalan dengan baik sehingga dapat menghasilkan berbagai keputusan strategis untuk membangun Ika alummi UKI Toraja ke depan yg selama ini berjalan tanpa arah,” pungkasnya.

Ditanya soal peran alumni di masa depan, Dekan Teknik Sipil UKI Toraja ini mengatakan, “Harapan kita terhadap Ika alummi UKI Toraja ke depan yaitu diharapkan semua alumni UKI Toraja dapat memberikan kerangka pemikiran untuk pengembangan UKI Toraja diharapkan bisa memberikan masukan secara konstruktif dalam rangka Pengambangan UKI Toraja, secara khusus menghadapi Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka dalam menghadapi tantangan perubahan era revolusi industri 4.0. yang tengah menuju ke 5.0.”

Jelang Mubes Panitia telah menyebarkan link telegram dan format pendaftaran bagi peserta yang akan ikut dengan mendaftar langsung pada panitia atau melalui goggle form pada laman berikut https://forms.gle/XCbWstyngTyVbL279

Segenap komponen Alumni dari berbagai Fakultas dan Prodi mendukung kegiatan yang pada substansinya ini menjalin silaturahmi dan berbagi informasi strategis untuk kemajuan UKI Toraja di masa depan.

Kontributor: Sumartoyo


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *