Masa Depan Dapat, dan Akan Menjadi Lebih Hijau Dengan Teknologi Blockchain

Spread the love

Oleh Dr. Anatoly Unitsky

Sejak diperkenalkan ke dunia pada tahun 2008, teknologi blockchain telah memunculkan ratusan cryptocurrency, dimulai dengan Bitcoin yang selalu populer. Tidak butuh waktu lama bagi teknologi blockchain untuk menjadi identik dengan cryptocurrency, bahkan sering digunakan secara bergantian dalam diskusi. Namun, ada banyak aplikasi lain dari blockchain yang berlaku untuk serangkaian bidang yang berbeda.

• Transparansi menguntungkan banyak sektor

Teknologi Blockchain menawarkan transparansi dan keadilan mutlak, dan telah mengubah cara banyak industri menjalankan bisnis. Beberapa aplikasi teknologi blockchain (non-crypto) yang paling menonjol termasuk berbagi data medis secara aman, pasar NFT, rantai pasokan dan pemantauan logistik, manajemen konten digital, pemrosesan real estat, dan banyak lagi. Teknologi Blockchain juga dapat digunakan untuk proyek lingkungan, dan dapat memainkan peran luar biasa dalam menghentikan atau membalikkan perubahan iklim jika diadopsi secara global.

Namun harus dicatat, bahwa ada banyak klaim yang mengaitkan konsumsi energi blockchain/cryptocurrency dengan emisi CO2, yang tidak akurat. Dalam hal ini, yang penting adalah jenis sumber energi yang digunakan untuk menghasilkan listrik, karena tidak homogen dari perspektif jejak karbon. Dalam kasus Bitcoin, misalnya, ia mencari energi yang dibatasi, seperti pembangkit listrik tenaga air di Sichuan, yang pada akhirnya hijau karena energinya tidak hilang atau terbuang sia-sia. Teknologi Blockchain dapat secara tidak langsung, dan langsung membantu lingkungan.

• Cara terbaik blockchain dapat membantu lingkungan

Teknologi Blockchain adalah salah satu dari banyak teknologi, menurut Program Lingkungan PBB (https://wedocs.unep.org/bitstream/handle/20.500.11822/34226/FB019.pdf?sequence=1&isAllowed=y) , yang berpotensi membantu memecahkan beberapa masalah lingkungan yang kita hadapi saat ini. Namun, mengadopsi teknologi secara global akan membutuhkan “mengatasi tantangan saat ini dan masa depan, tidak hanya dalam mengembangkan teknologi blockchain, tetapi juga dalam membangun berbagai mekanisme yang meningkatkan pemahamannya di antara pembuat kebijakan, ilmuwan, dan pengembang solusi blockchain.” Masih mungkin untuk menghubungkan teknologi blockchain dengan inisiatif lingkungan, terutama di area yang membutuhkan pengumpulan/verifikasi data dalam jumlah besar, pembayaran lintas batas, dan perilaku berkelanjutan yang bermanfaat.

Seperti yang dinyatakan oleh FutureThinkers, platform seperti Ethereum membantu memfasilitasi pembuatan aplikasi terdesentralisasi yang berjalan di blockchain dan dapat berdampak positif pada lingkungan. Beberapa dari aplikasi ini termasuk manajemen rantai pasokan, program daur ulang, sistem energi, perjanjian lingkungan, amal lingkungan, pajak karbon, dan banyak lagi.

Teknologi Blockchain juga dapat digunakan untuk membantu mendukung teknologi hijau, seperti yang terlihat dalam kasus token SWS, token berbasis Ethereum yang membantu mewujudkan program SmartWorld.

Program SmartWorld adalah inisiatif blockchain dan crypto-enabled. Program ini mendukung proyek-proyek unik yang menyediakan alternatif yang lebih hijau untuk industri besar, seperti transportasi, infrastruktur, efisiensi energi, dan tanah yang subur. Ini semua dilakukan dengan tujuan untuk memecahkan krisis iklim dan masalah terkait lainnya dengan menghubungkan kembali manusia dengan alam, dengan bantuan teknologi inovatif yang berfokus pada ramah lingkungan. Program ini diarahkan pada penghematan sumber daya, alokasi lahan minimal, dan pencemaran lingkungan hampir nol dalam hal transportasi, energi, dan infrastruktur kota.

Peningkatan pencatatan, transparansi, transfer nilai, dan ekosistem tokenized yang dibawa oleh teknologi blockchain membantu lebih memungkinkan untuk mengatasi sejumlah besar masalah lingkungan termasuk polusi udara, keberlanjutan laut, dan konservasi keanekaragaman hayati. Ini menelusuri kembali penerapan teknologi blockchain dalam meningkatkan solusi berbasis blockchain yang sadar lingkungan.

Dunia menghadapi berbagai tantangan global seperti masalah lingkungan, teknologi, logistik, dan infrastruktur, serta masalah yang berkaitan dengan energi dan informasi. Banyak dari mereka dapat dihilangkan dengan bantuan inisiatif seperti program SmartWorld, yang akan memuaskan keinginan manusia untuk mencapai potensi kreatif, kenyamanan, mobilitas tinggi, dan harmoni dengan alam.

Seperti yang sering dinyatakan dalam beberapa tahun terakhir, masalah modern memang membutuhkan solusi modern. Dengan demikian, masa depan lingkungan terletak pada adopsi global teknologi blockchain.

Tentang Penulis : Dr. Anatoly Unitsky adalah seorang insinyur Belarusia🇧🇾, penemu, dan Pendiri Token Keamanan SmartWorld :
https://buysws.com/.

===
https://www.nasdaq.com/articles/the-future-can-and-will-be-greener-with-blockchain-technology-2021-06-17


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *